Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan Di tengah

Iklan di tengah

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

PKL 1 Mahasiswa Geografi Universitas Tadulako Tahun 2023

Senin, 04 Desember 2023 | Desember 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-04T08:20:47Z

Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) FKIP Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan praktikum di Desa Patukuki, Kecamatan peling Tengah, Kabupaten Banggai Kepulauan pada  19-26 November 2023. 


Praktikum kuliah lapangan I (PKL 1) adalah salah satu  mata kuliah inti Program Studi Pendidikan Geografi (PSPG). Mata kuliah ini bertujuan untuk menemukenali, mengidentifikasi, menganalisis, dan mengkaji fenomena dan  wilayah yang terjadi di permukaan bumi dan bertujuan membekali mahasiswa dalam mengaplikasikan beberapa mata kuliah fisik yang telah mereka dapatkan pada semester sebelumnya.


Praktikum Kuliah Lapangan 1 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep- konsep ilmu geografi, khususnya mata kuliah yang berkaitan dengan aspek fisik wilayah (geomorfologi, geologi, geografi tanah, matklim, dan biogeografi). Secara rinci tujuan PKL 1 ini adalah untuk meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa terhadap apsek fisik yang ada di wilayah penelitian. 


Kegiatan PKL 1 diawali dengan pengumpulan data yang digunakan sebagai bahan dalam membuat peta Kecamatan Peling Tengah. Setelah itu, mahasiswa mengindentifikasi bentang alam yang ada di wilayah Kecamatan Peling Tengah.



Pengamatan bentang alam tersebar dimulai dari  Muara Sungai Ebong desa Patukuki sampai desa Koyobunga. Selama praktikum, mahasiswa didampingi oleh dosen dan asisten praktikum laboratorium pendidikan geografi untuk melakukan dan pengamatan lapangan. Beberapa pengukuran yaitu  Ph, tekstur, jenis dan warna tanah. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dengan menggali kedalaman tanah kemudian sampel tanah diambil dan diukura Ph serta penentuan jenis tanah dengan munsell color. Alat penunjang pratikum juga disipakan seperti GPS, Peta RBI, kompas geologi, abney level, , soil tester, munsell color, bor tanah, meteran, dan alat penunjang praktikum lainnya. 


Selaku dosen pengampu mata kuliah Rendra Zainal Maliki mengatakan bahwa PKL 1 merupakan langkah awal untuk memperkenalkan kepada mahasiswa terkait bentang alam yang ada Desa Patukuki, Kecamatan peling tengah, Kabupaten Banggai Kepulauan.



Secara keseluruhan Banggai Kepulauan merupakan daerah karts yang terdiri atas batuan kapur yang berpori sehingga air dipermukaan tanah selalu merembes dan mengalir ke dalam tanah. Karst juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan goa.


Hasil yang didapatkan dari pengukuran yang telah dilakukan yaitu dapat diketahui :

• Bentukan lahan yang mendominasi wilayah Peling Tengah adalah jenis karst. 

• Ciri kars cekungan, terdapat perbukitan, terdapat goa kapur, teksurnya bermacam-macam, terdapat terrarosa, dan terdapat stalaktit dan stalakmit.

• Bentang alam yang mendominasi di wilayah peling tengah adalah Dataran tinggi dan Perairan seperti pegunungan dan wilayah pesisir.

Sumber berita bapak Rendra Zainal Maliki (Dosen Geografi FKIP Untad)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini