Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan Di tengah

Iklan di tengah

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Pemda Parimo Melalui Dinkes, Siapkan Rumah Tunggu Rujukan di Makassar

Kamis, 09 Februari 2023 | Februari 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-22T16:58:57Z


Parimo - Bagi masyarakat Parigi Moutong (Parimo) yang ingin berobat atau di Rujuk ke Rumah Sakit di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, tidak usah cemas, karena saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menyiapkan Rumah Tunggu Rujukan (RTR) khususnya bagi masyarakat kurang mampu. 


"Siapa tau bapak ibu ada keluarganya yang sakit dan harus di Rujuk ke Makassar, kami sudah siapkan Rumah Singgah di Makkassar," Kata Kadis Kesehatan Parigi Moutong Elen Nelwan saat melakukan Penjaringan bakat anak usia dini baru baru ini. 


Menurut Elen, Rumah Singgah Rujukan sudah berlangsung kemarin dan tahun ini di perpanjang lagi kontrakannya. 


Rumah milik dokter Rusli mantan Sekdis Kesehatan dan juga pernah menjabat Kapus Tinombo itu, dikontrak oleh Pemerintah Daerah Parigi Moutong beralamat di jalan Griya Prima Tonasa A1 No 3  Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. 


Sambung Elen, hadirnya Rumah Tunggu Rujukan merupakan upaya dan inisiatif dari Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu saat Bupati berobat di Makassar. 


"Bapak Bupati katakan ke saya bahwa, ia saja ada uang berobat di Makassar siksa, apalagi masyarakat yang kurang mampu dan tidak mempunyai tempat tinggal di Makassar pasti lebih siksa lagi dan mengeluarkan ongkos yang banyak. Sehingga dengan adanya Rumah Tunggu dapat meringankan biaya hidup masyarakat di Makassar,"Jelasnya.


Lebih lanjut kata Elen, Rumah Tunggu Rujukan di Makassar dilengkapi Fasiltas 4 Kamar masing masing 1 Pasien 1 Kamar, dan apabila membawa banyak keluarga maka harus tidur di ruang tamu yang telah disediakan. 


Selain itu Rumah Tunggu Rujukan dilengkapi fasilitas AC, Kamar Mandi, Air bersih, listrik, kelengkapan dapur, dan lain sebagainya. Masyarakat cukup membayar 200 ribu saja per keluarga entah membawa keluarga 10 orang bahkan lebih dari itu dibolehkan. 


Uang 200 ribu itu kata Elen untuk membayar listrik, air dan sampah. Jika dibandingkan menginap di Penginapan Makassar, rata rata tarif 550 ribu per hari, belum untuk makan setiap hari, sekali makan saja 30 ribu ditambah rokok dan lain lain pasti dana membengkak.


"Kesana cukup membawa beras, ikan garam, rica, tomat dan lain lain sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Ditambah Bupati telah menyiapkan 4 Karpet besar bagi keluarga pasien yang tidur di ruang tengah," Tandasnya. 


Kamis (9/2/2023)

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini