Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan Di tengah

Iklan di tengah

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Praktikum Oceanografi Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatn 2022

Sabtu, 09 Desember 2023 | Desember 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-10T02:39:29Z

Donggala,  Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi melaksanakan praktikum mata kuliah Oceanografi di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala yaitu tanggal 8 – 10 Desember 2023. 

Peta Lokasi Penelitian 


Praktikum ini merupakan mata kuliah wajib yang ada di kurikulum prodi dimana mahasiswa selain mendapatkan teori di dalam kelas juga dilatih untuk mendapatkan data oceanografi melalui praktikum langsung di lapangan.



Praktikum ini diikuti oleh mahasiswa semester 3 yaitu angkatan 2022. Pada praktikum ini, mahasiswa mlakukan pengamatan pasang surut air laut di pantai, mengukur tingkat salinitas, mengukur kecrahan air, mengukur gelombang, mengukur kecepatan arus laut, mengukur suhu dan kelembapan, mengukur arah angin, mengukur kemiringan pantai, ploting koordinat melalui GPS.



Dosen pendamping lapangan yaitu Khairurraziq, M.Pd, Rendra Zainal Maliki, M.Pd, dan Arifuddin Abd Muis, M.Pd yang turut mendampingi mahasiswa di lapangan berharap praktikum ini sebagai latihan pada mahasiswa dalam menerapkan keilmuan yang didapatkan di dalam kelas dengan pembelajaran kontekstual yang dapat menjadi bekal pada mahasiswa dalam aplikasi mata kuliah Oceanografi.




Pada praktikum oceanografi, mahasiswa dapat mengamati salah satu gejala alam yang tampak nyata di laut, yaitu suatu gerakan vertikal (naik turunnya air laut secara teratur dan berulang-ulang) dari seluruh partikel bassa air laut dari permukaan sampai bagian terdalam dari dasar laut. Gerakan tersebut disebabkan oleh pengaruh gravitasi (gaya tarik menarik) antara bumi dan bulan, bumi dan matahari, atau bumi dengan bulan dan matahari.

Sumber Dosen Geografi, Rendra Zainal Maliki, M.Pd

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini