Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan Di tengah

Iklan di tengah

Iklan-ADS

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Tim Penmas Geografi Untad Sosialisasikan Penguatan Geo-Literacy Pada Pembelajaran Geografi Bagi Siswa Di SMA Negeri 5 Sigi

Senin, 27 November 2023 | November 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-28T00:55:16Z


Kulawi, 28 November 2023 – Tim pengabdian kepada masyarakat prodi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat (PENMAS) yang berfokus di SMA Negeri 5 Sigi, Kecamatan Kulawi. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23 dan 24, Kulawi, 28 November 2023  ini melibatkan sejumlah dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi.


Kegiatan PENMAS dibuka oleh Wakasek Kurikulum SMAN 5 Sigi kemudian dilanjutkan oleh ketua TIM Pengabdian Dr. Widyastuti, S.Si.,M.Si. Judul kegiatan pada pengabdian ini yaitu Penguatan Geo-Literacy Pada Pembelajaran Geografi Bagi Siswa Di SMA Negeri 5 Sigi. 


Budaya literasi di era saat ini sudah menjadi tuntutan yang wajib dimiliki oleh guru maupun siswa di sekolah. Kemampuan literasi yang salah satunya dibutuhkan dalam pembelajaran adalah literasi geografi (geo-lieracy) untuk mendukung pembelajaran geografi di tingkat menengah atas, khususnya mencakup pada materi-materi geosfer, lingkungan, dan kependudukan.

Secara umum, literasi geografi melibatkan kedua perspektif spasial dan ekologis. Spasial menunjukan lokasi di mana sesuatu terjadi yang mengacu pada perspektif spasial sedangkan ekologis yaitu analisis tentang bagaimana bentuk kehidupan berinteraksi dengan lingkungan fisik dari perspektif ekologi. Kedua pandangan tersebut, menyatakan, bahwa literasi geografi siswa dapat dilatih untuk mempelajari karakteristik suatu lokasi atau tempat sehingga dapat memiliki pemahaman dasar yang benar tentang lokasi tempat tinggalnya.



Dengan semangat kolaborasi dan pemberdayaan masyarakat, Prodi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako terus berkomitmen untuk turut serta dalam upaya memajukan wilayah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi khususnya literasi geografi (Geo-Literacy) di SMA Negeri 5 Sigi pada khususnya dan di tengah-tengah masyarakat baik di Sulawesi Tengah maupun di luar Sulawesi Tengah.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini